Mar 21, 2011

Apa Itu Insomnia ?

Mungkin Kamu Bertanya: Apakah Insomnia?
Anda mungkin bertanya-tanya apa insomnia? Insomnia adalah gangguan tidur di mana seseorang memiliki masalah jatuh tertidur atau tetap tertidur. Sering kali, seseorang mungkin bangun berkali-kali di malam hari, dan ketika Anda bangun di pagi hari anda tidak merasa beristirahat dan segar.


Kurang tidur dapat menyebabkan sejumlah masalah lain, terutama jika selama jangka waktu lama. Satu dapat mengalami gangguan mood, kurang fokus dan konsentrasi, rendahnya tingkat energi dan kelelahan umum.

Ada 3 jenis insomnia:

• Transient atau insomnia ringan umumnya hasil dari ketidakmampuan untuk tidur selama waktu singkat seperti beberapa hari.
• insomnia sedang terjadi umumnya kurang dari sebulan dan bisa mengakibatkan berfungsi miskin selama hari dan lekas marah.
• insomnia kronis berlangsung selama lebih dari sebulan dan mengganggu seseorang berfungsi secara substansial. Perasaan gelisah dan mudah tersinggung sering terjadi, dan kemampuan untuk berkonsentrasi dan fokus dikompromikan.

Waktu dicentang, insomnia dapat mengakibatkan berbagai masalah lain:

• Fungsi Jiwa: Bila Anda tidak mendapatkan tidur yang memadai, konsentrasi dan kemampuan memori dapat terganggu. Selanjutnya, kualitas hidup Anda dan hubungan dapat menderita karena marah dan kemurungan.
• Peningkatan resiko kecelakaan: Insomnia meningkatkan risiko kecelakaan, dan mengemudi mengantuk bisa sebagai berisiko dan, mungkin fatal, seperti mengemudi dalam keadaan mabuk.
• Gangguan Mood: Stres dan kecemasan dapat menyebabkan insomnia. Namun, insomnia juga meningkatkan aktivitas hormon dan jalur di otak, dan perubahan negatif dalam pola tidur dapat memiliki efek negatif yang cukup besar pada suasana hati.
• Komplikasi lain: insomnia kronis juga dapat menyebabkan obesitas, fungsi kekebalan tubuh yang buruk dan peningkatan risiko penyakit jangka panjang seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes.

Ada beberapa gangguan tidur lain yang juga menyebabkan masalah tidur besar. Ini termasuk:

• Sleep apnea adalah gangguan tidur yang ditandai dengan abnormal jeda dalam bernapas selama tidur. Setiap jeda bernapas dapat berlangsung dari beberapa detik untuk menit, dan dapat terjadi 5 sampai 30 kali atau lebih satu jam. Sleep apnea adalah didiagnosis dengan tes tidur semalam disebut polysomnogram, atau "tidur belajar".Sleep apnea sering hanya diakui oleh orang lain yang mengamati gejala atau oleh satu kelelahan terasa pada siang hari karena kurang tidur.
• Narkolepsi menyebabkan kantuk yang berlebihan dan serangan siang hari. Gejala yang paling umum dari narkolepsi adalah mengantuk ekstrim periode setiap 3 sampai 4 jam di siang hari. Selain itu, gejala utama lainnya dapat mencakup cataplexy, atau tiba-tiba kehilangan otot sukarela; halusinasi durante tidur atau ketika bangun tidur, dan episode singkat dari kelumpuhan pada awal atau akhir tidur.
• Restless leg syndrome ditandai oleh sensasi di kaki bagian bawah yang membuat Anda tidak nyaman kecuali jika Anda menggerakkan kaki Anda. Sensasi ini biasanya terjadi pada malam hari ketika Anda berbaring atau siang hari ketika Anda duduk untuk jangka waktu yang lama. Sensasi ini telah digambarkan sebagai kesemutan, merangkak, membakar atau menarik. Semua gejala ini dapat membuat sulit untuk tidur atau duduk untuk waktu yang lama.

Seperti yang anda lihat ada sejumlah gangguan tidur yang dapat menyebabkan masalah besar. Jika Anda menderita masalah tidur selama lebih dari seminggu Anda benar-benar akan melihat dokter Anda untuk menentukan apa yang terjadi dan bagaimana Anda dapat mengatasi masalah Anda.

No comments:

Post a Comment